Do more..Talk More...

Wednesday, March 18, 2009

GLOBALISASI DAN KAPITALISASI OLAH RAGA

Poto : istockphoto.com

Pada saat sekarang ini olah raga bukan saja hanya sebagai penyaluran hobi atau sekedar untuk menjaga kesehatan tubuh semata, melainkan telah melangkah lebih jauh sebagai salah satu entitas industri, yaitu industri olah raga. Ada ribuan bahkan jutaan manusia yang hidup baik yang dipengaruhi secara langsung maupun tidak langsung dari keberadaan industri olah raga ini. 

Amerika Serikat sebagai salah satu pusat industri olah raga dunia merupakan salah satu tempat yang paling favorit bagi mereka yang menggantungkan hidupnya dari bisnis dunia olah raga. Sebutlah misalnya NBA (National Basket Ball Association), rugby, dan american football telah menjadi industri olah raga yang terkemuka di negeri ini.

DAYA HIPNOTIS OLAH RAGA

Salah satu daya tarik dari industri ini adalah bagaimana penonton disajikan dengan pertunjukkan olah tubuh dari para atlet ini. Kesan jantan, tangguh, dan maskulin terpancar dari olah raga ini. Hal inilah yang menjadi ketertarikan penonton di dalamnya, ekspresi marah, histeris, tangisan, tawa menjadi bagian yang tak terpisahkan dari suatu atmosfer pertandingan. 

Salah satu produk olah raga yang dikenal masyarakat terutama di kalangan anak-anak muda adalah cheerleader, kelompok-kelompok cheer ini biasanya terdapat pada komunitas anak-anak sekolah, baik di tingkat sekolah dasar, sekolah menengah, dan sampai ke tingkatan universitas. Yang menarik dari aktivitas olah raga yang ditunjukkannya adalah bagaimana mereka dalam suatu kelompok dapat menjalin harmonisasi dan bekerjasama satu sama lain menyajikan kombinasi antara ketahanan tubuh, kelenturan, dan gerakan-gerakan tari yang lincah yang ketiganya dikombinasikan secara apik menjadi sebuah tontonan yang menghibur. 

Umumnya olah raga yang paling banyak di senangi orang adalah jenis olah raga kelompok, beberapa diantaranya adalah bolavoli dan sepak bola. Pada olah raga bola voli yang dibutuhkan oleh para atlet terutama sekali adalah tinggi badan pemainnya. Dimana postur pemain yang tinggi akan mempermudah dalam menjalankan permainan yang mayoritas gerakannya adalah melompat dan memukul. Tak heran bila yang menjadi atlet bola voli ini umumnya mereka yang memiliki postur yang tinggi. 

Kemudian adalah olah raga sepak bola, inilah jenis olah raga yang paling populer dan paling banyak penggemarnya di seluruh dunia. Melintas benua dari Afrika, Eropa, Asia, Amerika, dan Australia. Perbedaan etnis, ras, dan agama tidak menghalangi mereka untuk berinteraksi satu dengan lainnya. Dalam pikiran mereka hanya satu tujuan yaitu bermain sebaik mungkin untuk tim mereka baik di tingkat klub maupun di level negara. 

Para penggemar sepak bola datang dari berbagai macam latar belakang, orang tua, anak-anak, remaja, dewasa, kulit hitam, putih, coklat, kuning, pejabat, presiden, agamawan, dan banyak lagi profesi lainnya semuanya berbaur dan menjadi satu untuk menyaksikan pertandingan sepak bola dengan berbagai macam atribut yang mereka gunakan, seperti bendera, kaos tim favorit, topi, dan banyak lagi lainnya.

 KAPITALISASI BISNIS OLAH RAGA

Disinilah peran kapital semakin mewarnai dan memperkuat suatu bisnis olah raga, lihatlah liga premier di Inggris yang merupakan salah satu barometer sepak bola dunia. Disana peran kapital sangat terasa, ada trilyunan uang mengalir kesana peran sponsor dan pemilik klub sepak bola tidak ragu-ragu untuk mengucurkan uangnya dalam jumlah yang fantastis untuk merekrut pemain-pemain bintang, dengan satu tujuan agar semakin banyak penonton yang datang ke stadion dan tentunya semakin besar 

Pemasukan klub dari sponsor dan karcis penonton. Nama-nama seperti Ronaldo, Gerard, Lampard, Messi, dan banyak lainnya adalah contoh dari para pemain sepak bola yang hidupnya bergelimang harta dengan gaji mereka yang fantastis! Demikianlah olah raga, globalisasi dan kapital telah menjadikan olah raga sebagai suatu entitas yang berharga!!

Share:

0 comments:

Post a Comment

Sitemap

Blog Archive

Definition List

Pro Bono Publico....

Unordered List